Something About PKnH FIS UNY

Sejarah Singkat

 Program Studi (sekaligus Jurusan) Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) secara resmi diselenggarakan melalui SK Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 55 Tahun 1963, tanggal 22 Mei 1963, dengan nama program studi Civics-Hukum (CH), sebagai bagian dari Fakultas Keguruan Pengetahuan Sosial (FKPS).
    Dalam iklim digencarkannya semangat “melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen” oleh pemerintahan Orde Baru, pada tahun 1970-an Program studi CH berganti nama menjadi Pendidikan Moral Pancasila (PMP).
    Terjadi perubahan nama lagi pada tahun 1980-an menjadi Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan (PMPKn). Penambahan kembali kata kewarganegaraan menyiratkan pentingnya kajian keilmuan dalam rangka penguatan warga negara. Pada tahun 1995, kata “moral” dihilangkan dari nama Jurusan/Prodi. Nama Jurusan/Prodi berganti menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
    Lintasan sejarah tersebut menyiratkan mudahnya intervensi rezim dalam pendidikan kewarganegaraan. Berpijak pada realitas tersebut, menguat hasrat untuk memperkuat keilmuan dalam kajian kewarganegaraan pada umumnya, yang secara khusus tampak dari penamaan Program Studi.
    Seiring dengan perluasan mandat (wider mandate) IKIP Yogyakarta dari institut menjadi Universitas pada tahun 1999, dibuka berbagai program non kependidikan untuk menunjang program-program studi kependidikan. Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan bermaksud membuka Program Studi baru, yaitu ilmu hukum. Sejak tahun 2005 nama jurusan berganti menjadi Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (PKnH), dengan sementara satu Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
    Perubahan tersebut bersamaan dengan kegigihan masyarakat kampus (khususnya Program Studi PKn UNY) untuk mewujudkan pendidikan kewarganegaraan dengan keilmuan yang kokoh (established), sebagamana yang terjadi di berbagai negara yang dikenal dengan civic education, citizenship, citizenship education, dan sebagainya. Oleh karena itu, lahir apa yang kini disebut sebagai paradigma baru pendidikan kewarganegaraan (new paradigm of civic education). Program Studi PKn UNY termasuk salah satu lembaga perintis paradigma baru PKn.
*****************************
VISI
Terwujudnya program studi yang mampu melaksanakan pendidikan akademik dan profesional di bidang kependidikan dengan mengembangkan Tridarma Perguruan Tinggi, sehingga mampu menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki keunggulan kompetensi untuk membentuk warga negara yang baik (good citizen), yang memiliki kesadaran moral, kesadaran politik, dan kesadaran hukum dengan berlandaaskan pada dasar negara Pancasila dan UUD 1945.
MISI
  1. Mengembangkan sistem kelembagaan program studi yang memiliki jati diri kependidikan, sehingga mampu menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki keunggulan kompetensi dalam bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
  2. Mengembangkan peran kelembagaan program studi yang mampu menjadi salah satu pusat pengembangan dan pembaharuan pendidikan kewarganegaraan, sejalan dengan kepentingan nasional dan kecenderungan global.
  3. Mengembangkan sistem kelembagaan program studi yang mampu menjadi salah satu institusi pembangunan watak bangsa (nation and character building), demi terwujudnya masyarakat warga (civil soviety) yang demokratis dan bertanggungjawab.
  4. Menyelenggarakan darma pendidikan dan pengajaran yang bersifat akademis dan profesional di bidang Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang berbasis pada ilmu-ilmu politik, hukum, dan moral/filsafat.
  5. Menyelenggarakan darma penelitian yang mengarah pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan masyarakat, sesuai dengan bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang berbasis pada ilmu-ilmu politik, hukum dan moral/filsafat.
  6. Menyelenggarakan darma pengabdian kepada masyarakat yang mengarah pada kebutuhan masyarakat, sesuai dengan bidang Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang berbasis pada ilmu-ilmu politik, hukum, dan moral/filsafat.
*****************************

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi
Jurusan PKn dan Hukum adalah sebagai berikut:
1. Ketua Jurusan,
2. Sekretaris Jurusan,
3. Ketua Program Studi
4. Ketua Laboratorium,
5. Dosen Jurusan (Program Studi), dan
6. Admin Jurusan.
Tugas dan wewenang
Ketua Jurusan mempunyai tugas dan wewenang:
Di bidang Pendidikan dan Pengajaran, antara lain:
* meminta pertanggungjawaban kepada Ketua Program Studi atas kelancaran perkuliahan yang dilaksanakan di Program Studi;
* menanyakan kepada Ketua Program Studi atas permasalahan akademik yang terjadi di Program Studi
* mengambil kebijakan atas keterlambatan pengeluaran nilai setiap mata kuliah dari dosen pengampu mata kuliah yang bersangkutan;
* menanyakan dosen atas ketidak kehadirannya pada saat kegiatan kuliah yang bersangkutan;
* meminta pertanggungjawaban kepada setiap Pembimbing Akademik (PA) mahasiswa atas pelaksanaan bimbingan;
* menggantikan sementara tugas-tugas PA yang berhalangan sementara maupun tetap;
* menentukan dan menunjuk PA bagi mahasiswa;
* menandatangani surat keputusan dosen pembimbing skripsi bagi mahasiswa, yang telah ditunjuk oleh Ketua Program Stdudi;
* menyusun rencana perkuliahan untuk semester berikutnya bersama-sama dengan Ketua Program Studi dan Dosen Jurusan;
Di bidang Penelitian, antara lain:
* merencanakan kegiatan penelitian pada tahun akademik berikutnya bersama-sama dengan Ketua Progran Studi dan Dosen Jurusan;
* merekomendasi kegiatan penelitian dosen jurusan;
* bertanggungjawab atas terlaksananya segala kegiatan penelitian institusional jurusan;
* mengadakan kerjasama dengan instansi lain (universitas, fakultas, jurusan, program studi, dan lembaga lain) untuk melakukan penelitian bersama;
Di bidang Pengabdian Kepada Masyarakat, antara lain:
* merencanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada tahun akademik berikutnya bersama-sama dengan Ketua Progran Studi dan Dosen Jurusan;
* merekomendasi segala kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen jurusan;
* bertanggungjawab atas terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh jurusan secara institusional
Di bidang administrasi jurusan, antara lain:
* menyusun kebutuhan bahan dan ATK jurusan bersama-sama dengan Sekretaris Jurusan, Ketua Laboratorium dan Karyawan Jurusan;
* memerintahkan kepada karyawan jurusan untuk membantu tugas-tugas administrasi pelayanan akademik;
* menugaskan karyawan untuk memberikan pelayanan administrasi akademik kepada setiap dosen;
* melaksanakan tugas administrasi jurusan bersama-sama dengan sekretaris jurusan;
* mengeluarkan kebijakan untuk membantu mahasiswa yang menghadapi masalah di kampus;
* melakukan penilaian atas kinerja dosen jurusan dengan mengeluarkan DP3 (Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan).
Sekretaris Jurusan mempunyai tugas dan wewenang:
1. membantu tugas-tugas Ketua Jurusan;
2. menggantikan tugas-tugas Ketua Jurusan apabila berhalangan sementara maupun tetap;
3. melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di Program Studi;
Ketua Program Studi mempunyai tugas dan wewenang:
Di bidang Pendidikan dan Pengajaran, antara lain:
* bertanggungjawab atas terlaksananya kegiatan perkuliahan tiap-tiap mata kuliah yang tersedia;
* menjamin ketersediaan sarana dan prasarana perkuliahan;
* mengusulkan Penasehat Akademik bagi mahasiswa kepada Ketua Jurusan;
* menunjuk dosen pembimbing skripsi bagi mahasiswa;
* merencanakan pelaksanaan perkuliahan untuk semester berikutnya;
* melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan perkuliahan;
Di bidang Penelitian, antara lain:
* merencanakan dan mengusulkan kegiatan penelitian dosen untuk tahun akademik berikutnya bersama-sama dosen-dosen;
* melakukan penelitian kerjasama dengan instansi lain atas rekomendasi Ketua Jurusan;
* memantau pelaksanaan kegiatan penelitian dosen;
* memberikan laporan terlaksananya kegiatan penelitian dosen kepada Ketua Jurusan;
Di bidang Pengabdian kepada Masyarakat, antara lain:
* merencanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bersama-sama dengan dosen-dosen;
* melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kerjasama dengan instansi lain atas rekomendasi Ketua Jurusan;
* memantau kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen;
* melaporkan terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen-dosen kepada Ketua Jurusan;
Dosen mempunyai tugas dan wewenang:
* menyusun silabus dan rencana perkuliahan pada setiap tahun akademik;
* melaksanakan kegiatan kuliah sesuai jadwal kuliah per semester;
* memberikan nilai akhir setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah yang diampu tepat waktu pada akhir kuliah per semester;
* melakukan pembimbingan kepada mahasiswa sesuai dengan Panduan Pembimbingan Akademik yang berlaku di UNY;
* membimbing mahasiswa dalam penyusunan skripsi dan TABS;
* membimbing mahasiswa dalam kegiatan ekstra kurikuler dan kegiatan PPL dan/atau KKL;
* melaporkan pelaksanaan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi kepada Ketua Jurusan melalui Ketua Program Studi.
Ketua Laboratorium mempunyai tugas dan wewenang:
* merencanakan kebutuhan bahan praktikum bersama-sama dengan Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan;
* membantu kegiatan perkuliahan dalam penggunaan sarana laboratorium yang terkait dengan mata kuliah yang bersangkutan;
* melayani mahasiswa dalam penggunaan laboratorium sebagai sarana penelitian mahasiswa;
* membimbing mahasiswa dalam penggunaan alat-alat laboratorium untuk penyelesaian tugas-tugas perkuliahan dan penelitian;
* melaporkan pelaksanaan penggunaan laboratorium terkait dengan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
Admin Jurusan mempunyai tugas dan wewenang:
* menyebarluaskan jadwal kuliah kepada mahasiswa;
* menyebarluaskan pengumuman-pengumuman yang terkait dengan kegiatan perkuliahan dan pengembangan ilmu kepada mahasiswa;
* melayani pengurusan ijin penelitian mahasiswa;
* membantu Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan dalam penyediaan sarana dan prasarana kegiatan perkuliahan;
* melayani dosen yang membutuhkan sarana dan ATK dalam pelaksanaan administrasi akademik;
* memberikan pelayanan kepada dosen jurusan dalam mengurus surat tugas dalam pelaksanaan kegiatan Tridharma perguruan tinggi;
* melaporkan terlaksananya kegiatan administrasi Jurusan kepada Ketua Jurusan.

*****************************

Kurikulum

 Sesuai dengan SK Mendiknas No. 232/U/2000 dan SK No. 045/U/2002, sebagai kurikulumberbasis kompentensi, maka struktur kurikulum untuk Jurusan PKn sebagai berikut.a. Mata kuliah pengembangan Kepribadian (MPK) : 23    SKSb. Mata kuliah keilmuan dan Keterampilan (MKK) : 106  SKSc. Mata kuliah keahlian berkarya (MKB) : 26    SKS

d. Mata kuliah perilaku berkarya (MPB) : 7      SKS

e. Mata kuliah Berkehidupan, bermasyarakat (MBB) : 14    SKS

Detil Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan terbaru dapat dilihat di lampiran.
*****************************

Tenaga Pengajar

 Berikut nama lengkap beserta gelar akademik dosen Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan:
Abdul Gafur DA, Prof. Dr. M.Sc. | Anang Priyanto, SH., M.Hum. | Chandra Dewi Puspitasari, SH. | Cholisin, Drs., M.Si. | Ekram Pawiroputro, Drs., M.Pd. | Eny Kusdarini, SH., M.Hum. | Halili, S.Pd. | Iffah Nurhayati, SH., M.Hum. | M. Subardi, Drs., M.Pd | Marzuki, Dr., M.Ag. | Muchson AR, Drs., M.Pd. | Mukhamad Murdiono, S.Pd., M.Pd. | Nasiwan, S.Pd., M.Si. | Pratiwi Wahyu Widiarti, S.Psi., M.Si. | Puji Wulandari Kuncorowati, SH., M.Kn. | Samsuri, S.Pd., M.Ag. | Setiati Widihastuti, SH., M.Hum. | Sri Hartini, SH., M.Hum. | Suharno, S.Pd., M.Si. | Sunarso, Drs., M.Si. | Suripno, SH. | Suyato, Drs., M.Pd.

Abdul Gafur DA merupakan pakar teknologi pembelajaran, khususnya dalam bidang pendidikan kewarganegaraan. Guru Besar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY ini menamatkan studi S1-nya di Jurusan PMPKn IKIP Yogyakarta (Kini UNY). Studi S2 diselesaikannya di Rusia. Sedangkan gelar S3 didapatnya dari IKIP Jakarta (Kini UNJ). Penelitian terbaru yang dihasilkan: Potensi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMA se-DI Yogyakarta (2009).

Anang Priyanto

Chandra Puspita Dewi. Alumni Fakultas Hukum UGM Yogyakarta ini menjadi dosen Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum sejak tahun 2006. Dosen muda ini menekuni hukum komersiil.

Cholisin menyelesaikan strata satunya di Jurusan PMPKn IKIP Yogyakarta. S2 ditempuhnya di FISIP UNAIR dengan tesis mengenai relasi sipil-militer, yang kemudian diterbitkan menjadi buku oleh Penerbit Tiara Wacana dengan judul Militer dan Gerakan Prodemokrasi. Mantan Ketua Jurusan periode 2005-2009 ini merupakan salah pemikir kewarganegaraan yang terlibat dalam penyusunan paradigma baru pendidikan kewarganegaraan, melalui forum-forum penyusunan atau revisi kurikulum pendidikan kewarganegaraan di sekolah-sekolah. Di kalangan perguruan tinggi Pria kelahiran Brebes ini juga menjadi salah satu “jujugan” pengembangan kurikulum pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi.
*****************************

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: