KTSP, RPP PKN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 001 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Bangsa dan Negara
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 1
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
2. Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara

III. INDIKATOR
1. Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
2. Menganalisis pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa
3. Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

……….., …..20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 002 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 2
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

2. Kompetensi Dasar
1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan

III. INDIKATOR
1. Menganalisis pengertian Negara
2. Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
3. Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
4. Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, ……. 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 003 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Pengertian, fungsi dan tujuan negara
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 3
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

2. Kompetensi Dasar
1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI

III. INDIKATOR
1. Menguraikan pengertian dan fungsi negara
2. Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
3. Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, …….. 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 004 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Semangat Kebangsaan
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 4
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
1. Memahami hakekat bangsa dan NKRI

2. Kompetensi Dasar
1.4. Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
III. INDIKATOR
1. Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
2. Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
3. Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
4. Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN

No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, ……. 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 006 / RPP
I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Sistem hukum dan lembaga peradilan
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 6
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional
2. Kompetensi Dasar
2.1. Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional

III. INDIKATOR
1. Mendeskripsikan pengertian hukum
2. Menentukan macam-macam penggolongan hukum
3. Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material
4. Menjelaskan sistim tata hukum Indonesia
5. Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, ……. 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 007 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Lembaga peradilan
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 7
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
2. Menampilkan sikap positif terhadap hukum dan peradilan nasional

2. Kompetensi Dasar
2.2. Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan

III. INDIKATOR
1. Menguraikan perangkat lembaga peradilan
2. Menganalisis macam-macam lembaga peradilan
3. Menganalisis peranan lembaga peradilan
4. Menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, ……. 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 008 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Sikap yang sesuai dengan hukum
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 8
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
2. Menampilkan sikap positif terhadap hukum dan peradilan nasional

2. Kompetensi Dasar
2.3. Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku

III. INDIKATOR
1. Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum
2. Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentang dengan hukum
3. Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

…….., ……. 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 009 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Pemberantasan korupsi
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 9
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
2. Menampilkan sikap positif terhadap hukum dan peradilan nasional

2. Kompetensi Dasar
2.4. Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

III. INDIKATOR
1. Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi
2. Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi
3. Menunjukkan contoh macam-macam tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

…….., ……. 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 010 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 10
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
2. Menampilkan sikap positif terhadap hukum dan peradilan nasional
2. Kompetensi Dasar
2.5. Peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

III. INDIKATOR
1. Menunjukkan contoh sikap anti korupsi
2. Menunjukkan contoh gerakan atau organisasi anti korupsi
3. Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi
4. Manampilkan sikap anti korupsi

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

…….., …….. 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 012 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Pemajuan, penghormatan dan pengakuan HAM
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 12
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM
2. Kompetensi Dasar
3.1. Menganalisis upaya pemajuan, dan penegakan HAM

III. INDIKATOR
1. Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan pemerintah
2. Menentukan instumen HAM nasional
3. Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, …….. 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 013 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Peran serta dalam penegakan HAM di Indonesia
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 13
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM

2. Kompetensi Dasar
3.2. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan penegakkan HAM di Indonesia

III. INDIKATOR
1. Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
2. Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM
3. Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, …….. 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 014 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 14
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM

2. Kompetensi Dasar
3.3. Mendeskripsikan insterumen hukum dan peradilan internasional HAM

III. INDIKATOR
• Mendeskripsikan instrumen HAM internasional
• Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional
• Mendeskripsikan peradilan HAM internasional

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN

No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, …….. 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 016 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Dasar negara dan konstitusi
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 16
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

2. Kompetensi Dasar
4.1. Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi

III. INDIKATOR
1. Mendeskripsikan pengertian dasar negara
2. Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
3. Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi
4. Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, ……… 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 017 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Substansi konstitusi negara
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 17
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

2. Kompetensi Dasar
4.2. Menganalisis susbtansi konstitusi negara

III. INDIKATOR
1. Menguraikan unsur sebuah konstitusi
2. Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
3. Menganalisis substansi konstitusi Indonesia

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, ……… 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 018 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 18
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

2. Kompetensi Dasar
4.3. Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia

III. INDIKATOR
1. Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
2. Menguraikan makna tiap alenia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
3. Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN

No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, …….. 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 019 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Perkembangan konstitusi Indonesia
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 19
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

2. Kompetensi Dasar
4.4. Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara

III. INDIKATOR
1. Menunjukkan priodesasi konstitusi Indonesia
2. Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi
3. Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, …….. 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 021 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Warga negara dan pewarganegaraan
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 21
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
5. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan

2. Kompetensi Dasar
5.1. Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia

III. INDIKATOR
1. Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945
2. Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan
3. Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, ……… 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 022 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Persamaan kedudukan warga negara
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 22
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
5. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan

2. Kompetensi Dasar
5.2. Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara

III. INDIKATOR
1. Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
2. Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara
3. Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, ……… 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 023 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 23
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
5. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan

2. Kompetensi Dasar
5.3. Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku

III. INDIKATOR
1. Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
2. Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku secara garis besar
3. Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, ……… 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 025 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Supra struktur dan infra struktur politik
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 25
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
6. Menganalisis sistem politik di Indonesia

2. Kompetensi Dasar
6.1. Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur di Indonesia

III. INDIKATOR
1. Menganalisis pengertian sistim politik Indonesia
2. Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia
3. mendeskripsikan infrastruktur politik

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, …….. 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 026 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Sistem politik Indonesia dan sistem politik di berbagai negara
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 26
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
6. Menganalisis sistem politik di Indonesia

2. Kompetensi Dasar
6.2. Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara

III. INDIKATOR
1. Menguraikan dinamika politik Indonesia
2. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan sistem politik yang dianut Indonesia
3. Mendeskripsikan perbedaan sistem politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, ……… 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 027 / RPP

I. IDENTITAS
1. Mata Pelajaran : PKn
2. Materi Pokok : Peran serta dalam sistem politik di Indonesia
3. Kelas/Program : X
4. Pertemuan Minggu ke : 27
5. Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1. Standar Kompetensi
6. Menganalisis sistem politik di Indonesia

2. Kompetensi Dasar
6.3. Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia

III. INDIKATOR
1. Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik
2. Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
3. Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah (Pemilu)
4. Berperan serta secara aktif dalam sistem politik di Indonesia

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN

No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan
– Memberikan salam siswa
– Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa 15’ – Disiplin
– Kerjasama
– Keterampilan
2. Kegiatan Inti
– Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
– Penjelasan materi
– Tanya jawab
– Latihan 55’ – Kerjasama
– Kesungguhan
– Disiplin
– Uji diri
3. Penutup
– Evaluasi / Tanya jawab
– Penenangan 20’ – Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Paket PKn Kelas X
2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa

VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif

………, ……… 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA ……… Guru Mata Pelajaran

NIP. NIP.

http://estonsihotang.wordpress.com/profil/ktsprpp-pkn/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: